INJIWARRIOR

Injiwarrior.com adalah portal berita lingkungan yang menyampaikan informasi edukatif serta informasi tentang pengungkapan, pencegahan maupun penindakan kasus - kasus kejahatan satwa liar dan pengrusakan hutan di Indonesia. Kami menyampaikan berita yang berkualitas dan berupaya menerapkan standar tinggi jurnalisme dalam meliput peristiwa dan menuliskannya secara tajam, cerdas dan berimbang.

Heboh Anak Gajah Dipukuli Mahout, Ternyata Begini Penjelasannya

Cuplikan video mahout saat mendisiplinkan anak gajah di Tangkahan, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara. 

Satwa

Heboh Anak Gajah Dipukuli Mahout, Ternyata Begini Penjelasannya

Cuplikan video yang beredar di media sosial menuai beragam reaksi dari netizen. Tak sedikit di antara mereka yang mengecam perlakuan mahout.

18 November 2021 19:48:09 WIB 01 Januari 1970 07:00:00 WIB

InjiWarrior - Perlakuan seorang mahout terhadap seekor anak gajah Sumatra (Elephas Maximus Sumatranus) di lokasi wisata Tangkahan, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara, menjadi sorotan.


Cuplikan video yang beredar di media sosial menuai beragam reaksi dari netizen. Tak sedikit di antara mereka yang mengecam perlakuan mahout.


Namun menurut Pelaksana Tugas Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL) Adhi Nurul Hadi, mahout yang bersangkutan tidak bermaksud untuk menyakiti gajah.


Namun untuk mendidik gajah supaya menurut kepada pawang dan tidak agresif terhadap  manusia di sekitarnya. Termasuk pengunjung.


"Itu perilaku yang biasa. Namun jika ada orang dekat dengan gajah di sekitarnya dapat berbahaya," kata Adhi dikutip dari IDN Times Sumut, Kamis (18/11/2021).


Adhi mengatakan, tindakan mahout yang terlihat kasar bermaksud mendisiplinkan gajah.


"Perlakuan itu untuk mengontrol gajah. Yang tidak biasa adalah, perlakuan itu dipertontonkan kepada pengunjung. Sehingga persepsinya menjadi liar. Karena tidak semua masyarakat memahami bagaimana mengatur gajah," kata Adhi. 


Sementara itu, Direktur Conservation Response Unit (CRU) Aceh Wahdi Azmi menganggap wajar jika masyarakat awam menilai bahwa gajah itu disiksa atau memeroleh perlakuan kasar.


Akan tetapi, tindakan sang mahout juga terbilang normal. Sebab, gajah mesti disiplinkan sejak kecil.


“Kalau kita perhatikan itu video, mahout memukulnya juga tidak super kuat. Bukan dipukul habis-habisan. Intensitasnya kan semakin kecil. Tindakan itu maksudnya supaya si gajah tidak membiasakan dia mengganggu orang lain. Sehingga, supaya tidak ada risiko pendisiplinan itu selalu dilakukan," ujar Wahdi. 


Yudi Manar

Yudi Manar

Editor
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US




JOIN US