INJIWARRIOR

Injiwarrior.com adalah portal berita lingkungan yang menyampaikan informasi edukatif serta informasi tentang pengungkapan, pencegahan maupun penindakan kasus - kasus kejahatan satwa liar dan pengrusakan hutan di Indonesia. Kami menyampaikan berita yang berkualitas dan berupaya menerapkan standar tinggi jurnalisme dalam meliput peristiwa dan menuliskannya secara tajam, cerdas dan berimbang.

Tiga Ekor Gajah Sumatera Kibarkan Bendera Merah Putih

Tiga ekor Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) terlibat dalam pengibaran bendera merah putih dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 di Kantor Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Kamis (17/8/2023). Inji Warrior/ Wahyudi

Satwa

Tiga Ekor Gajah Sumatera Kibarkan Bendera Merah Putih

Tiga ekor gajah yang menjadi pengibaran bendera merah putih diharapkan bisa menjadi sarana edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat bahwa gajah yang selama ini mungkin dianggap sebagai hama adalah satwa yang dilindungi. 

17 Agustus 2023 13:30:00 WIB 01 Januari 1970 07:00:00 WIB

Inji Warrior, Pekanbaru - Tiga ekor Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) terlibat dalam pengibaran bendera merah putih dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 di Kantor Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Kamis (17/8/2023). Ketiga gajah bernama Bankin, Indah dan Vera tersebut merupakan binaan Pusat Konservasi Gajah Minas.

Plh Kepala Balai Besar KSDA Riau, Hartono mengatakan, persiapan untuk acara tersebut hanya dilakukan selama setengah hari. 

"Pada saat latihan upacara peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia, pada saat itu kita punya gagasan di hari Senin," jelas Hartono, Kamis (17/8/2023).

Ada dua gajah betina, yaitu, Indah dan Vera serta satu gajah jantan bernama Bankin yang dilibatkan, gajah Vera  menjadi pengerek bendera.

"Selama latihan pengibaran bendera di Pusat Konservasi Gajah Minas tidak ada kendala,  kemarin siang gajah sudah kita geser ke Kantor Balai Besar KSDA Riau," terangnya.

Ia menyampaikan, bahwa pengibaran bendera merah putih di halaman Balai Besar KSDA Riau dengan melibatkan tiga Gajah Sumetera ini merupakan kali pertama di Riau.

"Kami ingin benar-benar melibatkan satwa pada pengibaran bendera, karena itu kami hadirkan satwa gajah,"

Pihaknya awalnya memiliki gagasan bahwa satwa gajah yang ada di Provinsi Riau yang selama ini mungkin masyarakat umum belum pernah melihat dihadirkan dalam upacara HUT ke 78 Kemerdekaan Republik Indoensia, tambahnya.

'Ini adalah tiga ekor gajah mitigasi yang selama ini kita hadirkan terkait dengan permasalahan-permasalahan di Provinsi Riau," ungkapnya.

Ia melanjutkan, tiga ekor gajah yang menjadi pengibaran bendera merah putih diharapkan bisa menjadi sarana edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat bahwa gajah yang selama ini mungkin dianggap sebagai hama adalah satwa yang dilindungi. 

Ditambahkan Hartono, peserta upacara adalah seluruh UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang ada di Riau. "Ada 13 UPT yang dipusatkan di Balai Besar KDSA Riau," katanya. 

Uniknya lagi, seluruh peserta upacara menggunakan berbagai pakaian adat Nusantara , begitu juga dengan para mahout yang menggunakan pakaian adat Jawa dengan tema merah putih. 

Sementara itu, yang menjadi inspektur upacara adalah Kepala Balai Pemantapan Kawasan Hutan Wilayah 19 KLHK, Pekanbaru,  Sofyan . 

Selain itu, kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan Riau juga dimeriahkan dengan donor darah yang diikuti sejumlah pegawai yang sebelumnya mengikuti upacara, Tutupnya.

Penulis : Wahyudi
Editor : Rahmad Suryadi

Wahyudi

Wahyudi

Editor
JOIN US




JOIN US