INJIWARRIOR

Injiwarrior.com adalah portal berita lingkungan yang menyampaikan informasi edukatif serta informasi tentang pengungkapan, pencegahan maupun penindakan kasus - kasus kejahatan satwa liar dan pengrusakan hutan di Indonesia. Kami menyampaikan berita yang berkualitas dan berupaya menerapkan standar tinggi jurnalisme dalam meliput peristiwa dan menuliskannya secara tajam, cerdas dan berimbang.

Warga Besitang Serahkan Siamang ke BKSDA Sumut

Warga serahkan Siamang kepada BKSDA Sumut. (INJIWARRIOR/BKSDA Sumut)

Satwa

Warga Besitang Serahkan Siamang ke BKSDA Sumut

Penyerahan Siamang bermula dari laporan seorang warga bernama Surianto yang sedang mancing. Ia melihat ada Siamang yang dipelihara oleh warga di desa itu.

01 Maret 2022 06:30:00 WIB 01 Agustus 2022 01:23:07 WIB

INJIWARRIOR.com - Warga di Desa Sekoci, Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara, menyerahkan satu ekor Siamang (Symphalangus syndactylus) ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara.

Menurut Humas BBKSDA Sumatera Utara Handoko Hidayat, penyerahan satu ekor Siamang dilakukan pada tanggal 24 Februari 2022.

Penyerahan seekor Siamang bermula dari laporan seorang warga bernama Surianto yang sedang mancing. Ia melihat ada Siamang yang dipelihara oleh warga di desa itu.

Handoko mengatakan saat itu, Surianto menjelaskan dalam bentuk penyuluhan bahwa satwa tersebut termasuk jenis yang dilindungi, untuk itu harus diserahkan kepada pemerintah melalui Balai Besar KSDA Sumatera Utara.

"Pemilik siamang dapat memahami apa yang disampaikan oleh Surianto dan akhirnya menitipkan satwa tersebut untuk diserahkan kepada Balai Besar KSDA Sumatera Utara," kata Handoko kepada InjiWarrior, Senin (28/2/2022).

Handoko mengungkapkan, siamang itu kurang lebih berumur satu tahun, dengan berat badan tiga kilogram dan berjenis kelamin betina.

Handoko mengatakan bahwa siamang saat ini berada di Pusat Penyelamatan Orangutan, Beruang dan Primata Dilindungi Lainnya di Dusun Pante Buaya, Desa Bukit Mas, Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat.

Tempat itu dikelola oleh Yayasan Orangutan Sumatera Lestari-Orangutan Information Center (YOSL-OIC) dan lembaga mitra kerjasama BBKSDA Sumatera Utara, untuk mendapat perawatan dan rehabilitasi untuk pelepasliaran kembali ke habitatnya.

Yudi Manar

Yudi Manar

Editor
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US




JOIN US