INJIWARRIOR

Injiwarrior.com adalah portal berita lingkungan yang menyampaikan informasi edukatif serta informasi tentang pengungkapan, pencegahan maupun penindakan kasus - kasus kejahatan satwa liar dan pengrusakan hutan di Indonesia. Kami menyampaikan berita yang berkualitas dan berupaya menerapkan standar tinggi jurnalisme dalam meliput peristiwa dan menuliskannya secara tajam, cerdas dan berimbang.

BMKG Koreksi Informasi Gempa Padang Sidempuan Menjadi 6,2

Peta isoseismal Gempa Padang Sidempuan, Sumatra Utara, Senin (3/4/2023). (BMKG)

Kabar Alam

BMKG Koreksi Informasi Gempa Padang Sidempuan Menjadi 6,2

Pada Senin malam, BMKG mengumumkan gempa magnitude 6,4 mengguncang Padang Sidempuan dengan kedalaman 102 km.

04 April 2023 15:36:00 WIB 01 Januari 1970 07:00:00 WIB

INJIWARRIOR-Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika mengoreksi kekuatan dan episentrum gempa yang terjadi di Padang Sidempuan, 3 April 2023.

Pada Senin malam, BMKG mengumumkan gempa magnitude 6,4 mengguncang Padang Sidempuan dengan kedalaman 102 km.

Namun beberapa saat kemudian, BMKG mengoreksi gempa magnitudo 6,2 mengguncang Padang Sidempuan. Gempa mengguncang sedikitnya tiga provinsi yakni Sumatra Utara, Sumatra Barat, dan Aceh, pada pukul 21.59.43 WIB.

BMKG menyampaikan gempa tektonik magnitude 6,2 ini memiliki episenter pada koordinat 0,79° LU ; 98,67° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 93 Km arah Barat Daya Padang Sidempuan, pada kedalaman 95 km,

“Gempa tersebut dilaporkan tidak berpotensi tsunami,” kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Dr. Daryono.

Guncangan ini membuat orang-orang berlari ke luar rumah, bahkan di Mandailing Natal warga berlari ke tempat yang lebih tinggi. “Di sini (Natal) kuat, kami lari ke bukit untuk menyelamatkan diri,” ujar seorang warga, Kumari Siregar.

“(Di) Padang berayun,” ujar warga Padang, Yuke..

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di Padang Sidempuan, Aek Godang dan Pinangsori dengan skala intensitas  IV - V MMI (Getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang-barang terpelanting).

Guncangan juga terasa di Pasaman Barat, Pasaman, Agam dengan skala intensitas IV MMI ( Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah ). Serta Gunungsitoli, Nias Barat, Nias Selatan, Nias Utara, Aceh Singkil, Pulau Banyak dengan skala intensitas III - IV MMI ( Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah ).

Di Telo, Tapanuli Tengah, Subulussalam, Dairi, Aceh Selatan, Padang, Painan, Pariaman, Padang Panjang, Bukittinggi, Payakumbuh, Solok, Limapuluhkota, Tuapejat dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu ), daerah Banda Aceh, Solok Selatan, Pekanbaru dengan skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

 

Penulis: N Sulaiman

Editor: N Sulaiman

 

JOIN US




JOIN US