INJIWARRIOR

Injiwarrior.com adalah portal berita lingkungan yang menyampaikan informasi edukatif serta informasi tentang pengungkapan, pencegahan maupun penindakan kasus - kasus kejahatan satwa liar dan pengrusakan hutan di Indonesia. Kami menyampaikan berita yang berkualitas dan berupaya menerapkan standar tinggi jurnalisme dalam meliput peristiwa dan menuliskannya secara tajam, cerdas dan berimbang.

Gempa Bantul Magnitudo 6,4 Satu Korban Jiwa Belasan Luka

Gempa Bantul Magnitudo 6,4 di Bantul, Jumat (30/6/2023) pukul 19.57 WIB. (Foto SC situs BMKG)

Nasional

Gempa Bantul Magnitudo 6,4 Satu Korban Jiwa Belasan Luka

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono menyatakan episenter gempa bumi berlokasi di laut pada jarak 81 km arah Selatan Kota Wates, DIY pada kedalaman 67 km.

30 Juni 2023 23:54:00 WIB 01 Januari 1970 07:00:00 WIB

DIY, INJIWARRIOR-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyebut satu korban jiwa dan belasan orang luka akibat gempa bermagnitudo 6,4 di Bantul, Jumat (30/6/2023) pukul 19.57 WIB.

Akun resmi BPBD DIY di Twitter menyebut update korban gempa Jumat malam berdasarkan wilayah hingga pukul 23.30 WIB yakni Kabupaten Bantul lima luka, satu meninggal, Kabupaten Gunungkidul tiga luka, “Kabupaten Sleman tiga luka,” cuit akun TRCBPBDDIY.

Sebelumnya, dalam konferensi pers online, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bantul Agus Yuli Herwanta merinci detail korban jiwa tersebut. Warga yang meninggal akibat gempa Bantul adalah S, perempuan berusia 67 tahun yang tinggal di Mulyodadi Bambanglipuro, Bantul.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono menyatakan episenter gempa bumi berlokasi di laut pada jarak 81 km arah Selatan Kota Wates, DIY pada kedalaman 67 km.

Berdasarkan laporan BMKG, gempa berdampak dan dirasakan di daerah Kulonprogo-DIY,  Nganjuk-Jawa Timur, Kebumen-Jawa Tengah, dan Ponorogo-Jawa Timur dengan skala intensitas IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah).

Kediri dan Mojokerto dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).
“Semakin tinggi tingkat MMI, dampak yang dirasakan semakin besar,” ujar Daryono.

BMKG mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Mereka juga disarankan menghindar dari bangunan yang retak atau rusak karena gempa.

 

Editor: N Sulaiman

JOIN US




JOIN US