INJIWARRIOR

Injiwarrior.com adalah portal berita lingkungan yang menyampaikan informasi edukatif serta informasi tentang pengungkapan, pencegahan maupun penindakan kasus - kasus kejahatan satwa liar dan pengrusakan hutan di Indonesia. Kami menyampaikan berita yang berkualitas dan berupaya menerapkan standar tinggi jurnalisme dalam meliput peristiwa dan menuliskannya secara tajam, cerdas dan berimbang.

Harimau Jawa Diduga Muncul Kembali setelah Dinyatakan Punah Puluhan Tahun

Harimau Jawa (Panthera tigris sondaica). (Disgaswara).

Konservasi

Harimau Jawa Diduga Muncul Kembali setelah Dinyatakan Punah Puluhan Tahun

Kematian empat ternak ini diduga dimangsa hewan buas, yang ciri-cirinya mirip dengan Harimau Jawa. 

31 Oktober 2022 15:18:00 WIB 01 Januari 1970 07:00:00 WIB

Jepara,INJIWARRIOR-Harimau Jawa (Panthera tigris sondaica) yang sudah dinyatakan punah puluhan tahun sejak 1980, diduga muncul kembali dan mengusik masyarakat di sekitar hutan Pegunungan Muria, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. 

Dugaan kemunculan Harimau Jawa ini karena sudah ada empat ekor kambing ternak milik warga mati. Kematian empat ternak ini diduga dimangsa hewan buas, yang ciri-cirinya mirip dengan Harimau Jawa. 

Melansir dari Kompas.com, Ketua Perkumpulan Masyarakat Pelindung Hutan (PMPH) Pegunungan Muria, Pranyoto Shofil Fu'ad mengatakan, hingga saat ini belum ada hal kuat yang memastikan keberadaan Harimau Jawa. 

“Kalau dugaan Harimau Jawa itu, memang sudah lama ada kesaksian warga di kawasan hutan Pegunungan Muria. Ciri-ciri fisik yang disampaikan memang serupa Harimau Jawa, hanya belum terbukti dari kamera trap. Sejauh ini cuma macan tutul," jelas Pranyoto. 

Berdasarkan gagasan berbagai pihak, termasuk Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jateng, pihaknya sudah memasang 40 kamera trap di kawasan hutan Pegunungan Muria. 

Namun dari data rekaman sementara, kawasan hutan di Pegunungan Muria masih menjadi habitat individu macan tutul Jawa (Panthera pardus melas). 

 

 

JOIN US




JOIN US