INJIWARRIOR

Injiwarrior.com adalah portal berita lingkungan yang menyampaikan informasi edukatif serta informasi tentang pengungkapan, pencegahan maupun penindakan kasus - kasus kejahatan satwa liar dan pengrusakan hutan di Indonesia. Kami menyampaikan berita yang berkualitas dan berupaya menerapkan standar tinggi jurnalisme dalam meliput peristiwa dan menuliskannya secara tajam, cerdas dan berimbang.

Heboh! Diduga Kelaparan Orangutan Terobos Jalan Raya di Kalimantan Timur

Orangutan di Jalan Baru, Kecamatau Wehea, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur viral karena ada di jalan raya, 29 Januari 2022

Satwa

Heboh! Diduga Kelaparan Orangutan Terobos Jalan Raya di Kalimantan Timur

"Di wilayah itu memang salah satu konsesi pertambangan. Posisi jalan itu memotong pertambangan dan di sebelahnya terdapat hutan sekunder yang masih tersisa untuk habitat orang utan. Jadi orang utan sering melintas di area jalan itu" Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Timur Ivan Yusfi Noor

01 Februari 2022 23:34:44 WIB 02 Februari 2022 14:26:47 WIB

InjiWarrior.com - Sebuah unggahan video akun twitter milik @Es Teh_28 viral di dunia maya. Dalam video itu menunjukkan satu orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus) turun ke jalan raya membuat para pengendara yang melintas panik hinga cemas. 

Ditulis dalam caption video itu, kejadiannya di Jalan Baru arah menuju Wahau, Kecamatan Bengalon, Kutai Timur, Kalimantan Timur. 

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Timur Ivan Yusfi Noor, membenarkan adanya kejadian itu.         

"Kejadian tiga hari yang lalu tepatnya Sabtu (29/1/2022)," kata Ivan saat dikonfirmasi Inji Warrior, Selasa (1/2/2022). 

Menurut Ivan, kejadian orang utan melintas merupakan hal yang sering terjadi di jalan tersebut. Dan, jalan itu masih status sisa kawasan orang utan. 

"Di wilayah itu memang salah satu konsesi pertambangan. Posisi jalan itu memotong pertambangan dan di sebelahnya terdapat hutan sekunder yang masih tersisa untuk habitat orang utan. Jadi orang utan sering melintas di area jalan itu," katanya. 

Kemudian Ivan juga mengklaim bahwa orang utan tidak kelaparan, sebab masih ada hutan di sekelilingnya. 

"Kita juga enggak tau kelaparan atau tidak, kalau menurut kami dan peneliti orangutan itu tidak kelaparan, dia hanya melintas," ucap Ivan. 

Ifan mengaku pihaknya sebelumnya sudah memberi himbauan kepada masyarakat sekitar untuk waspada saat melintas di jalan. Sebab jalan itu memang menjadi lintasan orang utan untuk mencari makan.

"Sudah kami himbau kepada pengendara untuk hati-hati saat melintasi jalan di situ dan kurangi kecepatan kendaraannya karena kita tidak tahu kapan orang utan lewat," kata Ivan. 

Selain itu, BKSDA Kalimantan Timur juga sudah memasang plang berupa informasi penting terkait pengendara yang sedang melintas di area itu, untuk tidak memberikan makanan kepada orangutan.

Penulis : Yudi Manar

Editor : Nurni Sulaiman

Yudi Manar

Yudi Manar

Editor
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US




JOIN US