INJIWARRIOR

Injiwarrior.com adalah portal berita lingkungan yang menyampaikan informasi edukatif serta informasi tentang pengungkapan, pencegahan maupun penindakan kasus - kasus kejahatan satwa liar dan pengrusakan hutan di Indonesia. Kami menyampaikan berita yang berkualitas dan berupaya menerapkan standar tinggi jurnalisme dalam meliput peristiwa dan menuliskannya secara tajam, cerdas dan berimbang.

Kabar Gembira! Bayi Orangutan Kalimantan Lahir di Suaka Margasatwa Lamandau

Orangutan bernama Camelia saat menggendong bayinya, Tasia. (Foto: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan)

Kabar Alam

Kabar Gembira! Bayi Orangutan Kalimantan Lahir di Suaka Margasatwa Lamandau

Seekor orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus) berjenis kelamin betina lahir di Suaka Margasatwa Lamandau (SML) Kalimantan Tengah pada pekan lalu. Bayi orangutan itu diberi nama Tasia.

16 Desember 2021 13:49:44 WIB 19 Desember 2021 13:25:39 WIB

InjiWarrior - Seekor orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus) berjenis kelamin betina lahir di Suaka Margasatwa Lamandau (SML) Kalimantan Tengah pada pekan lalu. Bayi orangutan itu diberi nama Tasia. 


Tasia merupakan anak kedua dari induk bernama Camelia. Kakaknya, Charles, lahir lebih dulu pada 2016 lalu.


Menurut Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah Nur Patria Kurniawan, terdapat 92 kelahiran bayi orangutan kurun 2003-2021 di area soft release SML.


Camelia terpantau petugas telah mengandung pada September 2021. Pada awal Desember 2021, orangutan itu datang ke Camp Pelepasliaran dan Pemantauan Gemini SML sambil menggendong bayi.


Dia diperkirakan telah melahirkan sepekan sejak pertama kali terpantau sedang hamil.


"Adanya kelahiran orangutan di area soft release menandakan bahwa area tersebut cukup representatif dan animal welfare memadai," kata Nur Patria dilansir dari situs resmi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kamis (16/12/2021). 


Nur Patria berharap dukungan dari seluruh pihak untuk upaya pelestarian satwa-satwa liar dilindungi di Indonesia, termasuk orangutan.


"Semoga bayi orangutan sehat dan dapat survive di habitatnya," tutur Nur Putra.

Yudi Manar

Yudi Manar

Editor
JOIN US




JOIN US