INJIWARRIOR

Injiwarrior.com adalah portal berita lingkungan yang menyampaikan informasi edukatif serta informasi tentang pengungkapan, pencegahan maupun penindakan kasus - kasus kejahatan satwa liar dan pengrusakan hutan di Indonesia. Kami menyampaikan berita yang berkualitas dan berupaya menerapkan standar tinggi jurnalisme dalam meliput peristiwa dan menuliskannya secara tajam, cerdas dan berimbang.

Kenalan dengan Buaya Muara Reptil Terbesar di Muka Bumi

Buaya Muara Muncul di Perairan Paling Sibuk di Teluk Balikpapan, Rabu, 27 Agustus, 2023. (Injiwarrior/SC/N Sulaiman)

Satwa

Kenalan dengan Buaya Muara Reptil Terbesar di Muka Bumi

Menurut pria yang akrab disapa Syam oleh kerabatnya, ukuran buaya yang dijumpainya beberapa tahun silam itu diperkirakan memiliki panjang tubuh mencapai tujuh meter.

30 Agustus 2023 18:06:00 WIB 03 September 2023 17:02:50 WIB

BUAYA muara (Crocodilus porosus) merupakan buaya terbesar dan terpanjang di dunia. Ia juga merupakan reptil terbesar di muka bumi.

Flashback ke 8 Maret 1996, ketika Tim Gabungan melumpuhkan buaya di Sangatta, Kalimantan Timur oleh timah panas, setelah pencarian selama sepekan, karena menerkam dan memakan manusia-seorang perempuan bernama Hairani (35) saat sedang menyuci baju di Sungai Kenyamukan.

Buaya jantan tersebut berukuran jumbo dengan panjang 6,8 meter dan bobot 850 kilogram. Lingkar perutnya mencapai 1,8 meter. Usia buaya itu diperkirakan 70 tahun pada saat itu.

Buaya yang dikenal dengan Monster Sangatta tersebut, memang memakan manusia. Dokter menemukan tubuh Hairani di dalam perutnya setelah operasi pembedahan dilakukan.

Monster Sangatta kini bersemayam di Museum Kayu Tuah Himba di Tenggarong, Kutai Kartanegara.

Berita terkait Buaya Muara Muncul di Perairan Paling Sibuk di Teluk Balikpapan

Syamsuni penduduk lokal yang sering memancing di perairan Teluk Balikpapan hingga ke Sungai di Kawasan Selumut, pernah melihat buaya yang berukuran jumbo.

“Perahu kami panjangnya sekitar sembilan meter, buaya itu mendekati ukuran kapal. Saat perahu kami melintasinya, semua penumpang kapal seperti membeku. Tak ada sepatah kata pun keluar dari mulut kami. Nanti setelah jauh dalam jarak aman, barulah ada yang berucap itu bukan buaya tapi monster,” katanya.

Menurut pria yang akrab disapa Syam oleh kerabatnya, ukuran buaya yang dijumpainya beberapa tahun silam itu diperkirakan memiliki panjang tubuh mencapai tujuh meter.

Buaya yang juga dikenal dengan nama Buaya Air Asin memiliki ukuran panjang mulai 3-7 meter dan berat berkisar 200 kilogram sampai satu ton lebih untuk yang Jantan, serta panjang 2,7-3,4 meter dan berat 76 hingga 100kg untuk betina dewasa. Usia buaya muara mulai 25 hingga 70 tahun.

Di dalam air, buaya muara memiliki jangkauan 24-29 kilometer per jam.

The International Union for Conservation of Nature (IUCN) memasukkan status buaya muara sebagai spesies satwa dengan Resiko Rendah. Namun, jumlahnya terus berkurang karena habitat alami yang terus menurun atau rusak.

 

Penulis: N Sulaiman

Editor: N Sulaiman

JOIN US




JOIN US