INJIWARRIOR

Injiwarrior.com adalah portal berita lingkungan yang menyampaikan informasi edukatif serta informasi tentang pengungkapan, pencegahan maupun penindakan kasus - kasus kejahatan satwa liar dan pengrusakan hutan di Indonesia. Kami menyampaikan berita yang berkualitas dan berupaya menerapkan standar tinggi jurnalisme dalam meliput peristiwa dan menuliskannya secara tajam, cerdas dan berimbang.

KLHK Lepas Harimau Sumatera Begu Kluti ke Habitatnya di Taman Nasional Gunung Leuser

Pelepasliaran satu individu Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) di zona inti Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) pada Selasa, 20 Februari 2024. Dok. Humas KLHK

Satwa

KLHK Lepas Harimau Sumatera Begu Kluti ke Habitatnya di Taman Nasional Gunung Leuser

"Harimau sumatera betina dengan perkiraan umur 3-4 tahun yang diberi nama Begu Kluti kini kembali ke habitat alaminya," ujar Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Satyawan Pudyatmoko 

20 Februari 2024 17:20:00 WIB 01 Januari 1970 07:00:00 WIB

Inji Warrior, Aceh - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melakukan pelepasliaran satu individu harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) di zona inti Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) pada Selasa, 20 Februari 2024. Pelepasliaran ini melibatkan tim yang terdiri dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, BBTNGL, Polres Aceh Selatan, FKL, dan WCS-IP.

"Harimau sumatera betina dengan perkiraan umur 3-4 tahun yang diberi nama Begu Kluti kini kembali ke habitat alaminya," ujar Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Satyawan Pudyatmoko melalui keterangan tertulis, Rabu, 21 Februari 2024.

Begu dalam bahasa daerah Kluet berarti harimau sumatera, sedangkan Kluti diambil dari nama lokasi harimau sumatera tersebut dievakuasi, yaitu Kluet Timur. "Semoga Begu Kluti dapat beradaptasi dengan cepat dan berkembang biak sehingga dapat menguatkan populasi di alam," ungkap Satyawan.

Sementara itu, Kepala BKSDA Aceh, Gunawan Alza, mengatakan pasca-evakuasi Begu Kluti, tim dokter hewan melakukan pemeriksaan medis baik secara makroskopis maupun uji laboratorium. Berdasarkan hasil pemeriksaan medis dan observasi selama dalam perawatan, tim dokter merekomendasikan Begu Kluti sudah layak untuk dilepasliarkan kembali ke habitat alaminya di Taman Nasional Gunung Leuser.

"Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak dalam rangka upaya penyelamatan harimau sumatera tersebut serta mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk turut serta menjaga kelestarian populasi dan habitatnya," katanya.

JOIN US




JOIN US