INJIWARRIOR

Injiwarrior.com adalah portal berita lingkungan yang menyampaikan informasi edukatif serta informasi tentang pengungkapan, pencegahan maupun penindakan kasus - kasus kejahatan satwa liar dan pengrusakan hutan di Indonesia. Kami menyampaikan berita yang berkualitas dan berupaya menerapkan standar tinggi jurnalisme dalam meliput peristiwa dan menuliskannya secara tajam, cerdas dan berimbang.

Polisi Tangkap Dua Pembakar Hutan di Kawasan Danau Toba

Petugas memadamkan api kebakaran hutan dan lahan di hutan Kawasan Danau Toba, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara. (INJIWARRIOR/Tama).

Kabar Alam

Polisi Tangkap Dua Pembakar Hutan di Kawasan Danau Toba

PS (62) membakar hutan untuk menanam jagung di Kelurahan Siogung Ogung, Kecamatan Pangururan, Sumatra Utara.

09 Agustus 2022 06:15:00 WIB 09 Agustus 2022 10:41:11 WIB

Medan, INJIWARRIOR - Kepolisian Daerah Sumatra Utara (Polda Sumut) menangkap dua pelaku yang bertanggung jawab terhadap Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi di Kawasan Danau Toba, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara.

"Seorang tersangka yang berinisial PS membakar hutan (menjadi penyebab kebakaran hutan dan lahan) di Kelurahan Siogung Ogung sedangkan KN membakar hutan di belakang SMPN 2 Sianjur," kata Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi, Senin (8/8/2022).

Lebih detail, Hadi mengatakan motif kedua tersangka membakar hutan menyebabkan kebakaran hutan dan lahan sudah jelas. PS (62) membakar hutan untuk menanam jagung di Kelurahan Siogung ogung, Kecamatan Pangururan.

Sedangkan, KN (14) mengaku tidak sengaja membakar hutan.

Awalnya ia membakar sampah namun karena hembusan angin kencang, sehingga kebakaran meluas ke hutan.

Menurut Hadi, kedua pelaku koperatif saat pemeriksaan polisi.

Mereka tidak membantah dan mengakui bahwa perbuatan mereka menjadi penyebab kebakaran hutan di Kawasan Danau Toba.

Perwira polisi berlambang tiga melati emas itu, mengatakan bahwa kedua pelaku pembakaran hutan sudah ditahan untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. "Kepada masyaraat diminta untuk tidak membakar hutan. Sebab apabila terbukti ada sanksi tegas," ujarnya

 

Penulis: Iwan Batubara

Editor: Nurni Sulaiman

JOIN US




JOIN US