INJIWARRIOR

Injiwarrior.com adalah portal berita lingkungan yang menyampaikan informasi edukatif serta informasi tentang pengungkapan, pencegahan maupun penindakan kasus - kasus kejahatan satwa liar dan pengrusakan hutan di Indonesia. Kami menyampaikan berita yang berkualitas dan berupaya menerapkan standar tinggi jurnalisme dalam meliput peristiwa dan menuliskannya secara tajam, cerdas dan berimbang.

YOSL-OIC Latih Masyarakat Kembangkan Potensi Wisata Dusun Pancasila

Dosen UMSU, Dr M. Said Harahap menjadi narasumber pada pelatihan peningkatan kapasitas masyarakat di Dusun Pancasila, Langkat, Sabtu, 10 Desember 2022. Injiwarrior/HO

Konservasi

YOSL-OIC Latih Masyarakat Kembangkan Potensi Wisata Dusun Pancasila

Direktur YOSL-OIC Fransica Ariantiningsih mengatakan , zaman modren saat ini masyarakat desa perlu mendampatkan pendampingan pelatihan fotografi, dalam upaya mempopulerkan potensi kawasan tempat tinggal mereka untuk menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Langkat. Harapannya, para generasi muda dan masyarakat tersebut dapat mengembangkan potensi desa lewat progran ekowisata melalui visual fotografi.

11 Desember 2022 15:30:00 WIB 13 Desember 2022 10:33:58 WIB

Injiwarrior, Langkat- Yayasan Orangutan Sumatera Lestari (YOSL) – Orangutan Information Centre (OIC) bersama lembaga Ekowisata Pancasila menyelenggarakan pelatihan fotografi di Dusun Pancasila Kecamatan Sei Lepan Kabupaten Langkat, Sabtu ,10 Desember 2022. Pelatihan tersebut bertujuan meningkatkan kapasitas pengurus dan anggota ekowisata Pancasila.

Sejumlah warga dengan latar belakang petani dan wirausaha yang tinggal di kawasan perkebunan sawit dan karet Dusun Pancasila Desa Mekar Makmur Kec Sei Lepan yang masih berbatasan dengan kawasan Leuser tersebut dilatih oleh Dosen fotografi, FISIP Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Dr. Muhammad Said Harahap M.I.Kom.

Direktur YOSL-OIC Fransica Ariantiningsih mengatakan , zaman modren saat ini masyarakat desa perlu mendampatkan pendampingan pelatihan fotografi, dalam upaya mempopulerkan potensi kawasan tempat tinggal mereka untuk menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Langkat. Harapannya, para generasi muda dan masyarakat tersebut dapat mengembangkan potensi desa lewat program ekowisata melalui visual fotografi.

Dosen Fotografi FISIP UMSU Dr.M.Said Harahap mengungkapkan, pelatihan fotografi tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat dan generasi muda untuk mempromosikan potensi desa dengan progran ekowisata tempat mereka bermukim . Melalui kegiatan positif ini kita dapat melihat potensi masyarakat dan generasi muda di Dusun Pancasila Desa Mekar Makmur Kec Sei Lepan Langkat, menyalurkan minat dan bakat mereka dalam mempelajari teknik fotografi khususnya dalam mempergunakan kamera android.

“Materi diskusi yang diberikan pun cukup sederhana., hanya seputar fotografi dasar dan fotografi ponsel.Kita ingin generasi muda dan masyarakat di sini bisa memanfaatkan fasilitas ponsel pintar yang mereka miliki jadi alat untuk berkarya,” ujar M.Said Harahap.

Ditambahkannya,  melalui pelatihan fotografi tingkat dasar ini , masyarakat dan generasi muda dapat mengembangkan kemampuan mereka dalam mempromosikan potensi desa dalam program ekowisata Dusun Pancasil ini, paling nggak melalui media sosial.

Ketua Kelompok Dusun Pancasila Sutejo menilai pelatihan dan pendampingan yang dilakukan YOSL-OIC sangat positif dan menarik.

Menurutnya, banyak potensi masyarakat dan generasi muda desa yang harus dikembangkan, karena dunia visual dan digital perlu dipahami dan dipelajari agar tidak tertinggal dari perkembangan teknologi.

”Kita mengembangkan potensi yang ada di Dusun Pancasila Desa Mekar Makmur Kec Selepan Langkat, menjadi lokasi wisata dan pusat pendidikan latihan. Meski kawasan pemukiman kami dekat dengan pusat administrasi Kabupaten Langkat namun daerah kami masih belum tersentuh penerangan listrik dan jaringan internet. Tapi kami tetap bersemangat dan berterimakasih masih ada yang peduli dan mendampingi kami seperti YOSL -OIC  yang sudah melatih masyarakat dan anak muda Dusun Pancasila, hari ini kami menerima ilmu dalam pelatihan fotografi. Kedepannya kita juga akan menyelenggarakan pelatihan lainya,” ujarnya.

Editor  : Rahmad Suryadi

JOIN US




JOIN US