INJIWARRIOR

Injiwarrior.com adalah portal berita lingkungan yang menyampaikan informasi edukatif serta informasi tentang pengungkapan, pencegahan maupun penindakan kasus - kasus kejahatan satwa liar dan pengrusakan hutan di Indonesia. Kami menyampaikan berita yang berkualitas dan berupaya menerapkan standar tinggi jurnalisme dalam meliput peristiwa dan menuliskannya secara tajam, cerdas dan berimbang.

5 Individu Orangutan Sumatra Hasil Rehabilitasi Diberangkatkan dari Sumut ke Jambi

Lima individu orangutan Sumatra (Pongo abelii) dikirim BBKSDA Sumatra Utara ke Jambi pada  Senin (25/10/2021). (Istimewa)

Satwa

5 Individu Orangutan Sumatra Hasil Rehabilitasi Diberangkatkan dari Sumut ke Jambi

Kelimanya kini telah berada di Stasiun Reintroduksi Orangutan Bukit Tigapuluh yang dikelola oleh Frankfurt Zoologi Society.

29 Oktober 2021 18:38:24 WIB 01 November 2021 17:11:47 WIB
InjiWarrior - Lima individu orangutan Sumatra (Pongo abelii) dikirim BBKSDA Sumatra Utara ke Jambi.

Kelimanya kini telah berada di Stasiun Reintroduksi Orangutan Bukit Tigapuluh yang dikelola oleh Frankfurt Zoologi Society (FZS) untuk menjalani forest school. Nantinya, mereka akan dilepasliarkan.

Menurut Kepala Sub bagian Data, Evaluasi, Pelaporan dan Kehumasan BBKSDA Sumatra Utara Andoko Hidayat, lima individu orangutan yang diberangkatkan ke Jambi pada Senin (25/10/2021) malam.

Mereka sebelumnya telah melalui masa rehabilitasi di Pusat Karantina Orangutan Sumatera (PKOS) Batu Mbelin, Sibolangit, Deliserdang, Sumatra Utara.

"Kondisi kelima orangutan ini sebelum diberangkatkan dari hasil pemeriksaan tim medis YEL-SOCP dipastikan dalam keadaan sehat dan negatif Covid-19," kata Andoko melalui keterangan tertulis, Jumat (29/10/2021).

Andoko mengatakan, kelima orangutan tersebut bernama Deka, Tesi, Ipin, Dupa dan Marela. 

Deka merupakan pejantan berusia enam tahun berasal dari Medan. Dia telah berada di PKOS Batu Mbelin sejak 27 Juli 2016. 

Kemudian Tesi, betina berusia enam tahun yang berasal dari Medan dan sudah berada di PKOS Batu Mbelin sejak 6 Januari 2017.

Orangutan lainnya yang dikirim adalah Ipin, jantan berusia enam tahun yang berasal dari Animal Sanctuary Trush Indonesia (ASTI) Jawa Barat dan berada di PKOS Batu Mbelin sejak 17 Januari 2017. 

Lalu Dupa, betina enam tahun yang berasal dari Dumai dan berada di PKOS Batu Mbelin sejak tanggal 27 Juni 2019. Selanjutnya Marelan, jantan yang berasal dari Medan dan berada di PKOS sejak 25 Nopember 2019.

TERKAIT DENGAN INI
JOIN US




JOIN US