INJIWARRIOR

Injiwarrior.com adalah portal berita lingkungan yang menyampaikan informasi edukatif serta informasi tentang pengungkapan, pencegahan maupun penindakan kasus - kasus kejahatan satwa liar dan pengrusakan hutan di Indonesia. Kami menyampaikan berita yang berkualitas dan berupaya menerapkan standar tinggi jurnalisme dalam meliput peristiwa dan menuliskannya secara tajam, cerdas dan berimbang.

Barack Obama Bawa Acara Film Dokumenter tentang Taman Nasional Termasuk Leuser

Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama berpose di sesi foto resmi presiden di Gedung Oval, 6 Desember 2012. (Official White House Photo by Pete Souza)

 

Internasional

Barack Obama Bawa Acara Film Dokumenter tentang Taman Nasional Termasuk Leuser

“Ketika umat manusia mulai melindungi tempat-tempat liar ini, kita tidak menyadari betapa pentingnya keberadaan mereka (hutan). Mereka adalah surga bagi spesies yang terancam punah dan tempat yang tepat untuk penelitian ilmiah” Presiden Amerika Serikat ke-44,  Barack Obama..  

17 Maret 2022 18:09:00 WIB 22 Maret 2022 00:05:49 WIB

Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama, si Anak Menteng bakal menjadi pembawa acara serial dokumenter terkait taman nasional. Dalam sebuah tayangan Netflix mengusung tema Our Great National Parks, pria yang akrab dengan panggilan Barry oleh kerabat dan sahabat, tampil dalam cuplikan tersebut sekaligus sebagai narator. 

Serial dokumenter tersebut menampilkan hewan-hewan langka yang ada di kawasan taman nasional di dunia termasuk Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) di Indonesia.

Melansir dari Deadline, Selasa (15/3) waktu Amerika Serikat (AS), Wild Space yang memroduksi serial dokumenter tersebut bekerjasama dengan Freeborne Media dan perusahaan produksi Obama dan istrinya, Michelle Obama yakni Higher Ground Productions. Sebelumnya, Obama dan Michelle telah merilis tiga documenter yakni Becoming, Crip Camp: A Disability Revolution, dan American Factory.

Sophie Todd sebagai Produser dalam project dokumenter sains dan alam yang menyoroti sejumlah taman nasional paling spektakuler di bumi. Sedangkan Obama menjabat sebagai Produser Eksekutif bersama dengan Filmmaker Blue Planet II James Honeybone dan Tonia Davis.

"Bergabunglah dengan saya dalam perayaan taman nasional dan hutan belantara terbesar di planet kita ini… Di seluruh dunia, semakin terisolasi taman nasional, semakin tidak biasa makhluknya dan semakin luar biasa perilakunya," kata Obama dalam cuplikan film dokumenter tersebut.

Our Great National Parks mengupas isi berbagai taman nasional yang tersebar di seluruh dunia di antaranya; Teluk Monterey di California, Taman Nasional Tsavo di Kenya, dan Patagonia yang melintasi Chile dan Argentina. Taman Nasional Gunung Leuser yang melintasi dua provinsi di Indonesia; Sumatra Utara dan Aceh, ikut memperkaya dokumenter tersebut.
Dokumenter ini menunjukkan pentingnya melestarikan taman nasional, flora dan fauna sebagai khazanah bumi.

“Ketika umat manusia mulai melindungi tempat-tempat liar ini, kita tidak menyadari betapa pentingnya keberadaan mereka (hutan). Mereka adalah surga bagi spesies yang terancam punah dan tempat yang tepat untuk penelitian ilmiah,” kata pria bernama lengkap Barack Hussein Obama..  

Selama dua periode memimpin Negara Digdaya AS, 2009-2017, Obama cukup vokal dalam menyuarakan isu lingkungan. Ia memperluas lebih dari 550 juta hektar tanah dan laut serta memiliki kebijakan yang pro lingkungan terutama berkaitan dengan perubahan iklim. Kepeduliannya terhadap lingkungan terlihat sampai di lingkup terkecil dengan keberadaan kebun sayur organik di Gedung Putih, Washington DC.

Kembali ke film dokumenter, serial yang akan tayang di Netflix ini merupakan bagian dari upaya ayah Malia dan Natasha untuk meningkatkan kesadaran terkait perubahan iklim.

Our Great National Parks akan tayang 13 April mendatang di Netflix.

Barack Obama Pembawa Acara Film Dokumenter Our Great National Parks

 

Penulis : Nurni Sulaiman

Editor : Nurni Sulaiman

JOIN US




JOIN US