INJIWARRIOR

Injiwarrior.com adalah portal berita lingkungan yang menyampaikan informasi edukatif serta informasi tentang pengungkapan, pencegahan maupun penindakan kasus - kasus kejahatan satwa liar dan pengrusakan hutan di Indonesia. Kami menyampaikan berita yang berkualitas dan berupaya menerapkan standar tinggi jurnalisme dalam meliput peristiwa dan menuliskannya secara tajam, cerdas dan berimbang.

Bayi Gajah Lahir di Taman Nasional Tesso Nilo, Populasi Bertambah Jadi 10 Ekor

Bayi gajah Sumatra (Elephas maximus sumatranus) bersama induknya, Ria, di Taman Nasional Tesso Nilo, Kabupaten Pelalawan, Riau, Jumat (3/12/2021). InjiWarrior/Wahyudi

Satwa

Bayi Gajah Lahir di Taman Nasional Tesso Nilo, Populasi Bertambah Jadi 10 Ekor

Menurut Kepala Balai TNTN Heru Sutmantoro, gajah itu lahir dari induk bernama Ria pada Kamis (2/12/2021) pukul 02.00 WIB.

06 Desember 2021 14:04:55 WIB 08 Desember 2021 20:26:22 WIB

InjiWarrior - Seekor bayi gajah Sumatra (Elephas maximus sumatranus) lahir di camp Elephants Flying Squad, Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN), Desa Lubuk Kembang Bungo, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan, Riau. 


Menurut Kepala Balai TNTN Heru Sutmantoro, gajah itu lahir dari induk bernama Ria pada Kamis (2/12/2021) pukul 02.00 WIB.


Bayi gajah tersebut berjenis kelamin jantan. Beratnya mencapai lebih dari 100 kilogram. Kelahiran ini menjadi anak kelima bagi Ria yang telah berusia 45 tahun. Sekaligus menambah populasi gajah Sumatra di Bumi Lancang Kuning.


"Kelahiran bayi gajah Sumatra dari induknya Ria ini merupakan hasil dari breeding dengan gajah liar," kata Heru, Minggu (5/11/2021).


Saat ini, Ria dan bayinya terpantau dalam kondisi sehat. Dokter hewan memberikan vitamin maupun obat kepada Ria agar tetap sehat setelah melahirkan.


Kelahiran anak gajah di Elephants Flying Squad TNTN membuktikan taman nasional merupakan habitat penting yang berkontribusi dalam peningkatan populasi satwa dilindungi.


"Dengan bertambahnya bayi gajah Sumatra tersebut, maka saat ini jumlah gajah di Elephants Flying Squad Taman Nasional Tesso Nilo bertambah menjadi 10 ekor yang terdiri dari 4 ekor gajah dewasa, 2 ekor gajah remaja dan 4 ekor gajah anak," kata Heru.


Berdasar The International Union for Conservation of Nature (IUCN), gajah Sumatra tergolong satwa terancam punah atau berstatus critically endangered.



Wahyudi

Wahyudi

Editor
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US




JOIN US