INJIWARRIOR

Injiwarrior.com adalah portal berita lingkungan yang menyampaikan informasi edukatif serta informasi tentang pengungkapan, pencegahan maupun penindakan kasus - kasus kejahatan satwa liar dan pengrusakan hutan di Indonesia. Kami menyampaikan berita yang berkualitas dan berupaya menerapkan standar tinggi jurnalisme dalam meliput peristiwa dan menuliskannya secara tajam, cerdas dan berimbang.

Gempa Dangkal Goyang Kabupaten Karo

BMKG

Kabar Alam

Gempa Dangkal Goyang Kabupaten Karo

Sebelumnya, BMKG merilis gempa berkekuatan magnitudo 4,6 kemudian mengupdate parameter gempa. 

28 April 2023 00:06:00 WIB 01 Januari 1970 07:00:00 WIB

Kabanjahe, INJIWARRIOR-Gempa berkekuatan magnitude 4,7 menggoyang Kabupaten Karo, Sumatra Utara, Kamis (27/4/2023) pukul 21:56:56 waktu setempat.

Gempa bumi dangkal tersebut berlokasi di Sembilan kilometer Barat Daya Kabupaten Karo atau tepatnya di 3.02 Lintang Utara, 98.49 Bujur Timur dengan kedalaman lima kilometer.

"(Getaran) dirasakan (MMI) II Sidikalang, IV Kabanjahe, IV Kab. Karo, III-IV Munte," tulis BMKG dalam keterangan resminya.

Sesuai situs BMKG, Skala MMI II berarti getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Sementara, Skala MMI III berarti getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Serta, skala MMI IV, jika pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar ruangan oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Sebelumnya, BMKG merilis gempa berkekuatan magnitudo 4,6 kemudian mengupdate parameter gempa. 

 

Penulis: N Sulaiman

Editor: N Sulaiman

 

JOIN US




JOIN US