INJIWARRIOR

Injiwarrior.com adalah portal berita lingkungan yang menyampaikan informasi edukatif serta informasi tentang pengungkapan, pencegahan maupun penindakan kasus - kasus kejahatan satwa liar dan pengrusakan hutan di Indonesia. Kami menyampaikan berita yang berkualitas dan berupaya menerapkan standar tinggi jurnalisme dalam meliput peristiwa dan menuliskannya secara tajam, cerdas dan berimbang.

Harimau Sumatera masuk perangkap di Aceh Selatan

Harimau Sumatera masuk perangkap BKSDA di Aceh Selatan. foto/ist

Satwa

Harimau Sumatera masuk perangkap di Aceh Selatan

Kemunculan harimau Sumatera sejak dua pekan terakhir di pemukiman warga Lhok Bengkuang, Kecamatan Tapaktuan, Aceh Selatan, sebelumnya dilaporkan telah memangsa hewan ternak masyarakat.

25 Juli 2022 14:55:00 WIB 27 Juli 2022 13:09:30 WIB

INJIWARRIOR, Tapaktuan- Seekor Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) akhirnya masuk perangkap yang dipasang tim Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh setelah dilakukan penanganan selama tiga hari.

Harimau Sumatera tersebut masuk perangkap BKSDA di area pemandian Kolam Aroya, Desa Lhok Bengkuang, Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan, Senin pagi (25/7/2022).

Kemunculan harimau Sumatera ini sejak dua pekan terakhir di pemukiman warga Lhok Bengkuang, Kecamatan Tapaktuan, Aceh Selatan, sebelumnya dilaporkan telah memangsa hewan ternak masyarakat.

BKSDA Aceh Selatan melakukan penanganan atas laporan masyarakat tersebut. Mareka menurunkan pawang harimau dan memasang sejumlah perangkap di lokasi sekitar.

Kepala BKSDA Aceh, Agus Arianto, membenarkan, seekor harimau telah masuk perangkap BKSDA Aceh hari ini.

Dikatakannya, satwa endemik Sumatra tersebut beberapa hari ini  muncul di pemukiman warga Lhok Bengkuang dan Batu Itam, Kecamatan Tapaktuan, kemudian memangsa sejumlah hewan ternak masyarakat yakni,  kambing.

Terkait jenis kelamin, umur dan kesehatan harimau tersebut belum diketahui. BKSDA Aceh menunggu pengecekan dari tim medis satwa dari Banda Aceh.

“Sekarang tim medis sedang dalam perjalanan dari Banda Aceh ke Tapaktuan. Tim medis nantinya akan menangani atau observasi terhadap harimau itu,” katanya seperti dilansir dari Waspada Aceh.

Rencananya, setalah dilakukan observasi oleh tim medis BKSDA Aceh. Harimau Sumatera tersebut akan dilepasliarkan di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) Aceh.

TERKAIT DENGAN INI
JOIN US




JOIN US