INJIWARRIOR

Injiwarrior.com adalah portal berita lingkungan yang menyampaikan informasi edukatif serta informasi tentang pengungkapan, pencegahan maupun penindakan kasus - kasus kejahatan satwa liar dan pengrusakan hutan di Indonesia. Kami menyampaikan berita yang berkualitas dan berupaya menerapkan standar tinggi jurnalisme dalam meliput peristiwa dan menuliskannya secara tajam, cerdas dan berimbang.

 Hindari Inbreeding, Dua Harimau Sumatera Dilepasliarkan di TN. Kerinci Seblat

Proses pelepasliaran Harimau Sumatra Surya Manggala dan Citra Kartini di Sanctuari Barumun, Tapanuli Selatan, Senin (6/6/2022). (Foto: BBKSDA Sumut)

Konservasi

Hindari Inbreeding, Dua Harimau Sumatera Dilepasliarkan di TN. Kerinci Seblat

"Pelepasliaran dimaksudkan untuk menghindari inbreeding yang dapat menurunkan kualitas genetis keturunannya"  Humas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara (BBKSDA Sumut) Handoko Hidayat

07 Juni 2022 15:45:00 WIB 08 Juni 2022 13:42:41 WIB

INJIWARRIOR - Dua ekor harimau Sumatera bernama Surya Manggala dan Citra Kartini dilepasliarkan di Taman Nasional Kerinci Seblat, Provinsi Jambi, Selasa (7/6/2022). Pelepasliaran tersebut guna menghindari terjadinya inbreeding atau kawin kerabat. Harimau Surya dilepasliarkan sesuai jadwal, namun harimau Citra baru akan dilepasliarkan sehari setelahnya.

Humas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara (BBKSDA Sumut) Handoko Hidayat mengatakan, keduanya selama ini mendapat perawatan di Suaka Satwa (Sanctuary) harimau Sumatera Barumun.

"Pelepasliaran dimaksudkan untuk menghindari inbreeding yang dapat menurunkan kualitas genetis keturunannya," kata Handoko.

Sebelum pelepasliaran, kata Handoko, pihaknya telah melakukan langkah-langkah pemeriksaan kesehatan termasuk pemasangan GPS collar, Senin (6/6/2022). Sedangkan pelepasliaran dilakukan sehari setelahnya. Kedua harimau tersebut berumur kurang lebih 3,5 tahun.

"Pemasangan GPS collar ini bertujuan untuk memantau pergerakan harimau Sumatera pasca dilepasliarkan," jelasnya.

Untuk proses pelepasliaran, kedua harimau melalui perjalanan darat dari Sanctuary Barumun Tapanuli Selatan (Tapsel) ke Taman Nasional Kerinci Seblat di Jambi berjarak sekitar 636 kilometer dengan kendaraan roda empat.

JOIN US




JOIN US