INJIWARRIOR

Injiwarrior.com adalah portal berita lingkungan yang menyampaikan informasi edukatif serta informasi tentang pengungkapan, pencegahan maupun penindakan kasus - kasus kejahatan satwa liar dan pengrusakan hutan di Indonesia. Kami menyampaikan berita yang berkualitas dan berupaya menerapkan standar tinggi jurnalisme dalam meliput peristiwa dan menuliskannya secara tajam, cerdas dan berimbang.

Pengelolaan Sampah: Belajar dari Pengelolaan Sampah Unggul di Banyuwangi (1)

Seorang pekerja sedang memilah limbah di tempat pembuangan sampah di Banyuwangi. (Narwasis.org)

Nasional

Pengelolaan Sampah: Belajar dari Pengelolaan Sampah Unggul di Banyuwangi (1)

Sekretaris Bappeda Kabupaten Banyuwangi, Budi Wahono menceritakan bahwa destinasi pariwisata Kabupaten Banyuwangi memiliki keunggulan komparatif dibanding dari kabupaten atau kota lainnya.

12 April 2023 06:36:00 WIB 18 April 2023 16:28:36 WIB

Banyuwangi - Pemerintah pusat yang terdiri dari perwakilan Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Kesehatan dan mitra pembangunan USAID, UNICEF dan ISWM terjun ke lapangan untuk melihat langsung upaya pengelolaan sampah yang telah dilakukan di Kabupaten Banyuwangi, pembelajaran pengelolaan sistem persampahan di tingkat daerah. 

Sekretaris Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Banyuwangi, Budi Wahono menceritakan bahwa destinasi pariwisata Kabupaten Banyuwangi memiliki keunggulan komparatif dibanding dari kabupaten atau kota lainnya, dimana hal ini perlu dijaga dan dilestarikan.

“Hal paling penting dalam pengembangan pariwisata adalah agar lokasi itu bersih, di mana pengelolaan sampah yang baik menjadi komitmen kita bersama dengan para mitra-mitra lainnya,” ujar Budi.
 

Dalam upaya menjaga kebersihan Banyuwangi tentu tidak lepas dari tantangan dan kendala dari berbagai aspek. Terkait ini, Staf Bidang Persampahan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banyuwangi, Rahmania menceritakan bahwa Kabupaten Banyuwangi saat ini memerlukan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang baru, di mana TPA sementara yang digunakan saat ini sudah hampir penuh.  

Ditambah, TPS3R hanya berada di 19 titik,  dan jika dibandingkan dengan luas Banyuwangi saat ini, maka akan cukup sulit untuk menjangkau seluruh masyarakat.

“Saat ini Pemda sudah menyediakan lahan dan Detail Engineering Design (DED)-nya, namun masih berproses mengajukan permohonan bantuan pembangunan TPA kepada Kementerian PUPR,” katanya seperti dikutip dari Narwasis.org. (Bersambung)

 

Penulis: Dina P

Editor: N Sulaiman


 

JOIN US




JOIN US