INJIWARRIOR

Injiwarrior.com adalah portal berita lingkungan yang menyampaikan informasi edukatif serta informasi tentang pengungkapan, pencegahan maupun penindakan kasus - kasus kejahatan satwa liar dan pengrusakan hutan di Indonesia. Kami menyampaikan berita yang berkualitas dan berupaya menerapkan standar tinggi jurnalisme dalam meliput peristiwa dan menuliskannya secara tajam, cerdas dan berimbang.

Pengelolaan Sampah: Tantangan Terberat dan Sumber Perekonomian Baru bagi Desa (3)

Seorang pekerja sedang memilah limbah di tempat pembuangan sampah di Banyuwangi. (Narwasis.org)

 

Nasional

Pengelolaan Sampah: Tantangan Terberat dan Sumber Perekonomian Baru bagi Desa (3)

Salah satu caranya adalah dengan membuat sistem pengelolaan sampah yang dapat menjadi sumber perekonomian baru bagi desa tersebut,

14 April 2023 16:36:00 WIB 01 Januari 1970 07:00:00 WIB

Direktur Program Banyuwangi Hijau, Systemiq, Andre menyatakan bahwa tantangan terberat yang sempat ia hadapi ialah bagaimana mengajak pemerintah desa agar ikut terlibat dalam pengelolaan sampah.

Hal ini dapat terjadi, karena indikator kinerja baik pemerintah desa belum terukur dari capaian penanganan sampah di wilayahnya. 

Untuk menanggulangi hal ini, Andre terus berupaya meningkatkan pemahaman pemerintah desa tentang pengelolaan sampah.

Salah satu caranya adalah dengan membuat sistem pengelolaan sampah yang dapat menjadi sumber perekonomian baru bagi desa tersebut.

“Cara ini pada akhirnya berhasil, karena  banyak kepala desa yang akhirnya terpicu untuk mengelola sampahnya sendiri,” kata Andre menjelaskan seperti dikutip dari Narwasis.org.

 

Penulis: Dina P

Editor: N Sulaiman
 

JOIN US




JOIN US