INJIWARRIOR

Injiwarrior.com adalah portal berita lingkungan yang menyampaikan informasi edukatif serta informasi tentang pengungkapan, pencegahan maupun penindakan kasus - kasus kejahatan satwa liar dan pengrusakan hutan di Indonesia. Kami menyampaikan berita yang berkualitas dan berupaya menerapkan standar tinggi jurnalisme dalam meliput peristiwa dan menuliskannya secara tajam, cerdas dan berimbang.

Petugas Amankan Dua Orang Penjual 2.1 Kg Sisik Trenggiling dan Paruh Rangkong Gading

Rangkong gading (Rhinoplax vigil). (INJIWARRIOR/Rangkong.org)

Satwa

Petugas Amankan Dua Orang Penjual 2.1 Kg Sisik Trenggiling dan Paruh Rangkong Gading

Mereka ditangkap saat membawa barang bukti berupa 2,1 kilogram sisik trenggiling (Manis javanica) dan satu paruh rangkong gading (Rhinoplax vigil).

25 Februari 2022 12:01:00 WIB 09 Maret 2022 08:42:16 WIB

INJIWARRIOR.com - Petugas Seksi Wilayah I Balai Penegak Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Gakkum LHK) Wilayah Sumatera melalui Polda Sumut mengamankan dua pelaku kejahatan terhadap satwa dilindungi.

Kedua pelaku berinisial L yang merupakan pegawai swasta dan ases pengusaha sarang burung walet.

Mereka ditangkap saat membawa barang bukti berupa 2,1 kilogram sisik trenggiling (Manis javanica) dan satu paruh rangkong gading (Rhinoplax vigil).

Menurut Kepala Seksi Balai Gakkum Wilayah I Medan, Sumut Haluanto Ginting pelaku diamankan saat melakukan transaksi di Komplek Perumahan Taman Pesona, Kecamatan Namorambe, Kabupaten Deliserdang.

"Kita menerima limpahan berkas dari Polda Sumut. Barang buktinya, sisik trenggiling 2,1 kg dan satu paruh rangkong gading beratnya 120 gram. Mapolda Sumut sudah menahan tersangka," kata Haluanto, Kamis (24/2/2022).

Haluanto mengatakan, tersangka mendapat sisik trenggiling dan paruh rangkong gading itu dari seseorang di Aceh.

Untuk detail asal usulnya, kini pihak Gakkum masih mendalami untuk mencari tahu sumber organ tubuh satwa yang dilindungi itu. Sementara itu, Kabid Humas Polda Sumut Hadi Wahyudi dan Subhan Kepala Gakkum Wilayah l Medan Sumatera Utara belum bisa dihubungi InjiWarrior.

Burung Rangkong gading merupakan jenis paling terancam punah di Indonesia. Pada akhir 2015, the International Union for Conservation of Nature  (IUCN) menaikkan status rangkong gading dari Near Threatened menjadi Critically Endangered yang berarti satu tahap lagi menuju kepunahan.

IUCN mencatat Trenggiling sunda berstatus Kritis (Critically Endangered). Spesies ini merupakan satwa lindung sesuai UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Statusnya dalam Convention on International Trade in Endangered Species (CITES) adalah Appendix 1 yang berarti tidak boleh diburu apalagi diperjualbelikan.

Berapa harga pasaran trenggiling dan rangkong? Trenggiling hidup menyentuh angka Rp.50 Juta per ekor. Sementara untuk sisik Trenggiling Rp. 4 Juta per kilogram. Dilansir dari MONGABAY, pada tahun 2021, ada yang menjual trenggiling hidup seharga Rp.1 juta per ekor. Di Vietnam, harga trenggiling sudah mencapai 450 dolar AS atau sekitar Rp. 6,5 juta sejak 2019.Untuk per bagian rangkong juga punya nilai tinggi seperti bulu ekor rangkong dihargai 20 ribu hingga 40 ribu rupiah. Sementara, hiasan adat yang terbuat dari pernak-pernik burung rangkong dijual Rp. 1,2 juta hingga Rp. 4,5 juta rupiah. Harga paruh kecil dijual Rp. 200 ribu rupiah, sedangkan harga paruh besar dihargai antara Rp. 3-4 juta rupiah.

 

Penulis : Yudi Manar

Editor : Nurni Sulaiman

 

Yudi Manar

Yudi Manar

Editor
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US




JOIN US