INJIWARRIOR

Injiwarrior.com adalah portal berita lingkungan yang menyampaikan informasi edukatif serta informasi tentang pengungkapan, pencegahan maupun penindakan kasus - kasus kejahatan satwa liar dan pengrusakan hutan di Indonesia. Kami menyampaikan berita yang berkualitas dan berupaya menerapkan standar tinggi jurnalisme dalam meliput peristiwa dan menuliskannya secara tajam, cerdas dan berimbang.

Warga Evakuasi Ular Python Jumbo di Pelalawan 

Sanca batik (Malayopython reticulatusjumbo sepanjang delapan meter diamankan warga dari kebun sawit milik warga Desa Sungai Buluh, Kecamatan Bunut, Kabupaten Pelalawan, Riau. (INJIWARRIOR/HO)

Satwa

Warga Evakuasi Ular Python Jumbo di Pelalawan 

Seorang Pecinta Reptile sekaligus Youtuber Amar PD mengatakan, awalnya ia mendapat telpon dari seeorang warga untuk membantu menangkap ular pyhton yang berada di areal kebun sawit.

24 Februari 2022 20:00:00 WIB 26 Februari 2022 16:00:59 WIB

INJIWARRIOR.com – Warga berhasil mengevakuasi seekor ular python (Malayopython reticulatus) jumbo dari kebun sawit milik warga Desa Sungai Buluh, Kecamatan Bunut, Kabupaten Pelalawan, Riau. Seorang warga yang sedang membersihkan kebun sawit miliknya yang menemukan ular sanca batik, satu spesies ular terbesar dan terpanjang di bumi.

Seorang Pecinta Reptile sekaligus Youtuber Amar PD mengatakan, awalnya ia mendapat telpon dari seeorang warga untuk membantu menangkap ular pyhton yang berada di areal kebun sawit.

"Kemudian kami bergerak menuju ke lokasi, dan pada saat itu kami menemukan ular dalam posisi melingkar di semak belukar kebun warga," katanya Kamis (24/2/2022).

Ular pyhton itu diperkirakan panjangnya sekitar kurang lebih delapan meter dengan berat hampir 200 kg berjenis kelamin betina, jelasnya.

"Proses evakuasi berlangsung sekitar 1 jam, ular sempat menyerang dan mencoba kabur saat akan ditangkap."

Setelah tertangkap, kemudian ular tersebut dievakuasi dengan melibatkan 10 orang dan selanjutnya dimasukan kedalam karung goni berlapis dua.

"Ular pyhton besar ini telah kita amankan. Dan, nantinya akan kita lepasliarkan kembali ke habitatnya yang tentunya jauh dari pemukiman penduduk," kata Amar.

Sanca batik (reticulated phyton) menjadi yang terpanjang di bumi dengan panjang dewasa 10 meter dan beratnya bisa lebih dari 158 kg. Sedangkan Anakonda Hijau tercatat menjadi yang terbesar di dunia dengan berat dewasa mencapai 249 kg dan panjang sembilan meter.

 

Penulis : Wahyudi

Editor : Nurni Sulaiman

 

 

Wahyudi

Wahyudi

Editor
JOIN US




JOIN US