INJIWARRIOR

Injiwarrior.com adalah portal berita lingkungan yang menyampaikan informasi edukatif serta informasi tentang pengungkapan, pencegahan maupun penindakan kasus - kasus kejahatan satwa liar dan pengrusakan hutan di Indonesia. Kami menyampaikan berita yang berkualitas dan berupaya menerapkan standar tinggi jurnalisme dalam meliput peristiwa dan menuliskannya secara tajam, cerdas dan berimbang.

Warga Sorek Serahkan Macan Akar ke BBKSDA Riau

Seekor kucing akar yang dilepasliarkan ke habitatnya di areal konservasi Pelalawan, Riau, Selasa (25/10/2022). (Tangkapan layar IG BBKSDA_Riau).

 

Konservasi

Warga Sorek Serahkan Macan Akar ke BBKSDA Riau

Seorang warga bernama Juriah yang menemukan macan akar tersebut. Warga Kelurahan Sorek itu pergi berkebun bersama orang tuanya.

29 Oktober 2022 23:06:00 WIB 29 Oktober 2022 23:18:02 WIB

Pelalawan, INJIWARRIOR-Seekor macan akar diserahkan warga ke Resort Kerumutan Utara (Pos Kapou) Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau di Kelurahan Sorek Satu, Kecamatan Pengkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan, Selasa, (25/10/2022).

Seorang warga bernama Juriah yang menemukan macan akar tersebut. Warga Kelurahan Sorek itu pergi berkebun bersama orang tuanya, Minggu, (16/10/2022).

Karena saat itu turun hujan, Juriana beristirahat di dalam gubuk di kebunnya. Saat itulah dia menemukan satu ekor macan akar dalam kondisi lemah di dalam gubuk tersebut.

Karena iba dengan kondisinya ibu Juriana membawa macan akar tersebut pulang dan merawatnya. Namun beberapa orang dekatnya menyampaikan bahwa macan akar merupakan salah satu satwa yang dilindungi. Selanjutnya ibu Juriana melapor dan menyerahkan satwa ke petugas Balai Besar KSDA Riau terdekat.

“Setelah menerima satwa tersebut Tim membuat berita acara penyerahan satwa dan memberikan sosialisasi ke bu Juriana, bahwa satwa macan akar tersebut adalah termasuk satwa liar yang dilindungi dan sebaiknya dilepasliarkan kembali ke habitatnya,” kata  Kepala BBKSDA Riau, Genman S Hasibuan melalui keterangan resminya, Jumat (28/10/2022).

Berdasarkan hasil diskusi dan pengamatan fisik satwa dengan nama latin Prionailurus bengalensis tersebut dinyatakan sehat. Macan akar itu terlihat lincah dan masih memiliki sifat liar serta dinilai sudah mampu bertahan hidup di alam. Sehingga, Tim dan Juriana bersama-sama melepasliarkan satwa macan akar di sekitar kawasan hutan konservasi.

“Terima kasih ibu Juriana, semoga menjadi contoh yang akan ditiru oleh yang lainnya. Sehat terus ibu dan keluarga.”

 

 

JOIN US




JOIN US