INJIWARRIOR

Injiwarrior.com adalah portal berita lingkungan yang menyampaikan informasi edukatif serta informasi tentang pengungkapan, pencegahan maupun penindakan kasus - kasus kejahatan satwa liar dan pengrusakan hutan di Indonesia. Kami menyampaikan berita yang berkualitas dan berupaya menerapkan standar tinggi jurnalisme dalam meliput peristiwa dan menuliskannya secara tajam, cerdas dan berimbang.

Menanti Penegak Hukum dalam Mencari Asal Usul Orangutan di Rumah Bupati Langkat Nonaktif

Orangutan yang di Rumah Pribadi Bupati Langkat Non Aktif Terbit Rencana Perangin Angin

Satwa

Menanti Penegak Hukum dalam Mencari Asal Usul Orangutan di Rumah Bupati Langkat Nonaktif

"Terkait orangutan itu sudah disertakan ke penyidik Balai Gakkum Sumut. Nanti mereka yang akan mendalami asal usul orangutan tersebut. Kita hanya mengevakuasi, merawat, rehabilitasi hingga pelepasliaran" Irzal Azhar Pelaksana Tugas Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara

29 Januari 2022 11:01:51 WIB 31 Januari 2022 14:47:23 WIB

Menanti Penegak Hukum dalam Mencari Asal Usul Orangutan di Rumah Bupati Langkat Nonaktif

InjiWarrior.com- Kelanjutan tentang adanya  satu orangutan Sumatra (Pongo abelii) di kediaman Bupati Langkat nonaktif Terbit Rencana Perangin Angin alias Cana di Desa Raja Tengah, Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara masih belum jelas termasuk asal usulnya.

Orangutan di rumah pribadi Cana diduga sudah  dua tahun dipelihara. Ia berjenis kelamin jantan dan sudah berusia sekitar 15 tahun.

Sejumlah pihak terkait saat ditanya mengenai asal usul orangutan tersebut memilih diam, termasuk Pelaksana Tugas Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara Irzal Azhar. Dia hanya menyarankan agar menanyakan hal itu kepada Balai Gakkum Sumut.

Irzal sebagai pihak terkait mengaku hal itu bukan merupakan tugasnya. "Terkait orangutan itu sudah disertakan ke penyidik Balai Gakkum Sumut. Nanti mereka yang akan mendalami asal usul orangutan tersebut. Kita hanya mengevakuasi, merawat, rehabilitasi hingga pelepasliaran," kata Irzal Azhar saat dikonfirmasi kepada Inji Warrior, Jumat (28/1/2022).

Sementara itu, Kapala Seksi Balai Gakkum KLHK Wilayah 1 Sumut Haluanto Ginting saat dikonfirmasi Inji Warrior, mengatakan bahwa saat ini pihaknya belum mengambil inisiatif sendiri terkait asal usul orangutan di kediaman pribadi Cana.

Haluanto mengungkapkan, terkait pencarian asal usul orangutan tersebut pihaknya masih menunggu arahan dari pusat (Kementrian KLHK) dalam penanganannya.

"Hasil koordinasi sepakat menunggu arahan pusat dalam penangananya," kata Haluanto melalui pesan Whatsapp kepada Inji Warrior.

 

Penulis : Yudi Manar

Editor : Nurni Sulaiman

 

 

 

Yudi Manar

Yudi Manar

Editor
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US




JOIN US