INJIWARRIOR

Injiwarrior.com adalah portal berita lingkungan yang menyampaikan informasi edukatif serta informasi tentang pengungkapan, pencegahan maupun penindakan kasus - kasus kejahatan satwa liar dan pengrusakan hutan di Indonesia. Kami menyampaikan berita yang berkualitas dan berupaya menerapkan standar tinggi jurnalisme dalam meliput peristiwa dan menuliskannya secara tajam, cerdas dan berimbang.

 Panglima TNI: Stop Wariskan Sampah

Panglima TNI Laksamana  Yudo Margono melepas tim pembawa pesan kampanye lingkungan "The Rising Tide 2023",  di Lapangan Benteng , Medan, Sumatera Utara, Sabtu (9/9/2023). Inji Warrior/ Iwan Gunadi Batubara

Nasional

Panglima TNI: Stop Wariskan Sampah

Gerakan ‘The Rising Tide" adalah gerakan akar rumput yang menyadari perubahan ekosistem lingkungan akibat krisis iklim yang menjadi ancaman bagi kelangsungan  hidup seluruh makhluk dan bertujuan untuk mendorong aksi kerja sama berbagai pihak dalam menciptakan lingkungan yang berkelanjutan.

09 September 2023 14:37:00 WIB 01 Januari 1970 07:00:00 WIB

Inji Warrior, Medan - Panglima Tentara Nasional Indonesia(TNI) Laksamana  Yudo Margono melepas tim pembawa pesan kampanye lingkungan "The Rising Tide 2023",  di Lapangan Benteng , Medan, Sumatera Utara, Sabtu (9/9/2023).

Acara yang digagas TNI ini merupakan langkah dalam menciptakan lingkungan berkelanjutan dan merupakan rangkaian kegiatan dalam menyambut HUT TNI ke -78 Tahun.

Hadir dalam kegiatan tersebut Pj Gubernur Sumut  Hasanuddin, Pangdam 1/BB Mayjen TNI Mohammad Hasan Hasibuan, Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi serta Walikota Medan Bobby  Nasution.

Gerakan ‘The Rising Tide" adalah gerakan akar rumput yang menyadari perubahan ekosistem lingkungan akibat krisis iklim yang menjadi ancaman bagi kelangsungan  hidup seluruh makhluk dan bertujuan untuk mendorong aksi kerja sama berbagai pihak dalam menciptakan lingkungan yang berkelanjutan.


Diawali pada tahun 2022, dengan membawa pesan #STOPWARISKANSAMPAH# Gerakan The Rising Tide dilaksanakan melalui 1293 Km Triathlon (Cycling, Swimming, Running) dari Bali menuju Jakarta selama 30 hari untuk mendorong aksi kerja sama berbagai pihak dalam menciptakan ekosistem pengelolaan sampah berkelanjutan berbasis sumber (rumah tangga) dan secara kolektif telah berhasil mendorong komitmen nyata diwujudkan melalui pengolahan sampah menjadi produk kreatif yang memiliki nilai ekonomi, antara lain: Pakaian berbahan daur ulang (Sampah Plastik).

Selain senam bersama rangkaian acara diisi dialog kebangsaan bersama panglima TNI Laksaman Yudo Margono dengan Tema Generasi Muda berwawasan lingkungan untuk Indonesia Emas yang diikuti siswa - siswi se Kota Medan.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menjelaskan "Gerakan The Rising Tide 2023 ini terdiri dari tim yang membawa pesan #STOPWARISKANSAMPAH. Tim yang bergerak dari Sabang menuju Jakarta selama 35 hari dimulai 1 September -5 Oktober 2023.
"Tujuan utama  kampanye Stop Wariskan Sampah ini mwngajak seluruh  masyarakat Indonesia dalam menjaga lingkungan khususnya terkait pengelolahan sampah yang berkelanjutan demi terciptanya lingkungan yang bersih," Ujar Yudo.

Panglima TNI juga  mengajak semua masyarakat menjaga lingkungan  terutama generasi muda. "Ayo dari sekarang jaga lingkungan, sampaikan kepada orang tua setelah kegiatan ini untuk menjaga lingkungan," himbaunya.

Pesan kampanye lingkungan "The Rising Tide 2023" diikuti oleh peserta triathlon, Muryansyah beserta delapan prajurit TNI yaitu 2 personil dari Komando Operasi Khusus TNI, 2 personil dari Matra  Darat, 2 personil dari Matra Udara dan 2 personil dari Kopaska.
Triathlon ini bagian dari bersepeda 2392 km (titik nol Sabang- Palembang), renang 70 km ( Selat Malaka, Danau Toba dan Selat Sunda) dan Lari 679 km (Palembang - Jakarta).

Penulis : Iwan Gunadi Batubara

JOIN US




JOIN US