INJIWARRIOR

Injiwarrior.com adalah portal berita lingkungan yang menyampaikan informasi edukatif serta informasi tentang pengungkapan, pencegahan maupun penindakan kasus - kasus kejahatan satwa liar dan pengrusakan hutan di Indonesia. Kami menyampaikan berita yang berkualitas dan berupaya menerapkan standar tinggi jurnalisme dalam meliput peristiwa dan menuliskannya secara tajam, cerdas dan berimbang.

Teka-teki Orang Utan Penghuni Leuser: Minah Baik-baik Saja sebelum Hilang

Minah bersama bayinya sebelum menghilang di Taman Nasional Gunung Leuser, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Inji Warrior/ HO

Leuser

Teka-teki Orang Utan Penghuni Leuser: Minah Baik-baik Saja sebelum Hilang

Kami memutuskan menggelar investigasi demi memastikan keberadaan Minah. Sejak pertengahan 2022 lalu, tim telah bertanya ke setidaknya 20 orang pemandu lokal. Tapi tak satupun dari mereka yang pernah melihatnya lagi. Desas-desus keberadaan Minah sudah beredar sejak pandemi Coronavirus Disease 19 (Covid-19) merebak awal 2020. Saat itu, seluruh aktivitas masyarakat termasuk kunjungan wisata di Bukit Lawang, Langkat dibatasi secara ketat. 

05 Juli 2023 09:05:00 WIB 07 Juli 2023 09:50:35 WIB

Inji Warrior, Langkat – Pemuda asal Prancis senyum semringah ke arah seorang guide atau pemandu lokal di sebelah. Rasa letih setelah satu jam lebih mengarungi rimbunya hutan tropis dibayar kontan dengan kemunculan sosok yang ditunggu-tunggu. 

Di bawah bias mentari pagi medio 2020 silam, sosok berbulu merah berdiri mengadang langkah mereka. Bagi warga asing tersebut, ini adalah momen menakjubkan sekaligus perkenalannya dengan Minah, individu orang utan Sumatra (Pongo abelii) semi liar penghuni Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). 

Tapi bagi Puryanto, sang guide, itu adalah pertemuan terakhir dengan satwa yang sudah 10 tahun lebih membantunya mengais rezeki di objek wisata Bukit Lawang, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Sampai saat ini, Minah tak pernah lagi terlihat oleh siapapun.

“Sampai sekarang belum pernah ada yang ketemu lagi dengan Minah,” ujar Zipur, sapaan populer Puryanto, Jumat (30/6/2023).

Desas-desus keberadaan Minah sudah beredar sejak pandemi Coronavirus Disease 19 (Covid-19) merebak awal 2020. Saat itu, seluruh aktivitas masyarakat dibatasi secara ketat. Setiap lokasi yang berpotensi menimbulkan kerumunan wajib ditutup rapat-rapat.

Ketentuan itu juga berlaku untuk objek wisata Bukit Lawang yang sontak meluluhlantakkan sendi-sendi perekonomian warga setempat. Khususnya bagi mereka yang menggantungkan hidup dari dunia pariwisata, seperti para pemandu lokal dan pelaku usaha perhotelan.
Setelah masa pembatasan dilonggarkan dan aktivitas jungle tracking mulai dibuka meski terbatas, situasi di dalam rimba ternyata sudah tak lagi sama. Ia terasa lebih sunyi. Minah, betina yang diperkirakan telah berumur lebih dari 45 tahun, menghilang begitu saja.

Foto terakhir Minah sebelum menghilang yang berhasil diabadikan Puryanto alias Zipur di Taman Nasional Gunung Leuser, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, pertengahan 2020 silam. Inji Warrior/ HO

Hari berganti. Namun ia tetap tak kunjung muncul hingga akhir 2021. Fakta itu mematahkan teori-teori serampangan yang berkembang tentang Minah sekaligus menebalkan tanda tanya atas keberadaan satwa tersebut. 

Beranjak dari masalah ini, kami memutuskan menggelar investigasi demi memastikan keberadaan Minah. Sejak pertengahan 2022 lalu, tim telah bertanya ke setidaknya 20 orang pemandu lokal. Tapi tak satupun dari mereka yang pernah melihatnya lagi.

Pada September 2022, kami menghubungi Palber Turnip, mantan Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah V Bahorok yang sekarang menjabat Kepala Bidang Wilayah III Balai Besar TNGL. Senada dengan para guide, Palber juga belum pernah melihat Minah lagi.

“Untuk Minah, dia sudah beberapa lama ini tidak tampak. Jadi mulai Covid-19, sudah jarang ketemu,” kata Palber.

Semasa aktivitas jungle tracking dilarang, kami melihat beberapa individu orang utan betina semi liar turun dari dalam hutan menuju tepi sungai. Beberapa di antaranya bahkan berinteraksi dengan wisatawan lokal yang kebetulan sedang berada di sekitar lokasi.

Penampakan individu orang utan Sumatra (Pongo abelii) di Bukit Lawang Taman Nasional Gunung Leuser Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, belum lama ini. Ia awalnya diklaim merupakan Minah, namun hasil identifikasi membuktikan berbeda. Inji Warrior/ HO

Dari pengamatan kami, orangutan tersebut menggendong satu individu bayi dan berupaya menghampiri pengunjung seolah meminta makanan. Akan tetapi, betina yang menampakkan dirinya tersebut dipastikan bukan Minah.

Menonjolnya Minah di antara orangutan semi liar penghuni Bukit Lawang membuat sosoknya mudah dikenali. Selain perilaku ganas serta agresif, Minah juga punya tanda fisik di bagian kening sekitar mata. 

Tanda yang dimaksud merupakan bekas luka akibat hantaman parang oleh oknum guide saat mencoba melepaskan cengkeraman Minah dari tamu yang dipandunya ke hutan. Peristiwa itu terjadi beberapa tahun silam.

“Jadi tamu sudah dia cengkeram, kalau sempat diangkat ke pepohonan bisa tewas tamunya. Mungkin tindakan terpaksa,” kata Palber.

Selain dibacok, Minah juga pernah melihat langsung bayinya tewas secara tragis. Serangkaian peristiwa inilah yang konon menciptakan agresivitas serta keberingasannya terhadap pengunjung.

Minah merupakan orangutan semi liar atau rehabilitan yang mendiami Pusat Rehabilitasi Orangutan Bukit Lawang era 90-an silam. Selama di sini, Minah sudah melahirkan setidaknya tiga kali. 

Di samping kesannya yang menakutkan, Minah tetaplah satwa endemik nan eksotis yang menjadi idola para pemandu wisata. Kemunculan Minah bagaikan atraksi ampuh untuk menarik para wisatawan, terkhusus asing.

Semua guide yang kami wawancarai mengaku pernah berpapasan dengan Minah tatkala memandu tamu di hutan. Di antara mereka bahkan pernah sempat mengalami kontak fisik. Namun dengan bujuk rayu – menawarkannya pisang, Minah akhirnya mau melepaskan cengkeraman.

“Hampir seluruh pemandu sudah berhadapan langsung dengan Minah, bergulat, termasuk saya sendiri,” kata Anjala, seorang pemandu lokal.

Memasuki 2023, oknum dari otoritas terkait mengirim foto satu individu orangutan Bukit Lawang ke grup WhatsApp pegiat lingkungan. Ia mengklaim satwa itu adalah Minah. 

Namun setelah kami identifikasi, klaim tersebut keliru. Perbedaan fisik, khususnya pada bagian wajah, membuktikan bahwa ia bukan Minah. Hal itu terlihat dari bentuk wajah, warna bulu hingga bekas luka yang terdapat pada bagian dahi sekitar matanya.

Setelah mengumpulkan informasi berikut data pendukung, tim memutuskan untuk mencari sendiri Minah ke dalam hutan. Demi mengoptimalkan sumber daya dan efektivitas, kami memilih skema penyisiran yang berpatok pada home range ataupun wilayah jelajah.

Range area Minah, orang utan Sumatra (Pongo abelii) penghuni  Bukit Lawang, Taman Nasional Gunung Leuser, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Inji Warrior/ HO

Dalam penelitian berjudul Orangutan Home Range Size and Its Determinants in Sumatran Swamp Forest (2001), Ian Singleton dan Carel P van Schaik menjelaskan estimasi wilayah jelajah orang utan (Pongo pygmaeus).

Di hutan rawa Sumatra, wilayah jelajah satwa ini jauh lebih luas daripada spesies yang sama di tempat penelitian sebelumnya serta memiliki kepadatan tertinggi yang pernah tercatat. 

Kendati sulit untuk memastikan ukuran wilayah jelajahnya, home range minimum untuk orangutan betina dewasa diperkirakan seluas 850 hektare. Sedangkan untuk jantan sub-dewasa dan dewasa setidaknya 2.500 hektare.

Sementara melalui penelitian berjudul Perilaku dan Jelajah Harian Orangutan Sumatera Rehabilitan di Kawasan Cagar Alam Hutan Pinus Jantho Aceh Besar (2013), Hadi Sofyan dan sejawat mendapati daerah jelajah harian atau daily range orang utan Sumatra rehabilitan berkisar 0,7-26,2 hektare.

Terdapat dari lima aktivitas utama orang utan rehabilitan. Hasil analisis menunjukkan bahwa istirahat merupakan aktivitas dengan proporsi tertinggi, yakni 47,32%. Kemudian dilanjutkan dengan makan sebesar 37,00%, bergerak 14,75%, sosial 0,52% dan bersarang 0,41 %.

Berdasarkan keterangan yang dikumpulkan, Minah dulunya biasa ditemui guide dan pengunjung di suatu lokasi yang dinamakan Cadas. Tempat ini terletak pada koordinat 3⁰32'30''N 98⁰06'26"E. Dari sinilah titik penelurusan kami bermula. Melalui Global Positioning System (GPS) dan bantuan aplikasi Google Earth, tim berhasil menyimpulkan perkiraan wilayah jelajah Minah.


Cadas, lokasi di mana Minah biasa ditemukan di Bukit Lawang, Taman Nasional Gunung Leuser, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.Inji Warrior/ HO

 

Penelusuran dilakukan selama lebih dari sepekan dan beberapa hari di dalam hutan. Selain meninjau langsung titik-titik yang diperkirakan, kami juga tetap memanfaatkan informasi sejumlah guide yang kebetulan sedang memandu tamu ke titik berbeda namun masih tergolong range area. 

Sama seperti kami, mereka juga sama sekali tidak menemukan Minah. Selama perjalanan, tim menemukan lima individu orangutan semi liar di lokasi. Sebagian dari mereka menarik perhatian pengunjung yang datang. Sebagian lagi tampak asyik bersemayam di sarang.

Tim investigasi saat menelusuri range area Minah, orang utan penghuni Bukit Lawang, Taman Nasional Gunung Leuser, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Kamis (22/6/2023). Inji Warrior/ HO

Usai memastikan Minah hilang dari range area-nya, tim lanjut mengumpulkan bukti lainnya guna mengetahui kondisi satwa itu sebelum lenyap. Inilah yang membawa kami bertemu dengan Zipur. Ia merupakan satu dari segelintir guide di kalangan Himpunan Pramuwisata Indonesia setempat yang beruntung bertemu Minah saat kemunculan terakhirnya.

Zipur melihat terakhir kali pada pertengahan 2020 di jalur track yang dinamakan Trail 1. Lokasinya relatif tak jauh dari Cadas. Saat itu, ia memandu seorang volunteer asal Prancis yang diperkenalkan rekan sesama guide. Zipur sempat mengabadikan foto Minah. Menurutnya, satwa tersebut masih dalam kondisi sehat dan baik-baik saja. 

Tidak terlihat keanehan pada fisik maupun perilakunya. Ia tetap tampak agresif serta lincah, baik saat berjalan maupun bergantungan di ranting pohon. Menurut Zipur, Minah sedang bersama anaknya – berjenis kelamin jantan berumur sekitar dua tahun. 

“Dia (Minah) sehat-sehat saja. Baik-baik saja. Makanya saya ragu juga kalau dibilang Minah mati,” ujar Zipur.

Foto Minah di Bukit Lawang Taman Nasional Gunung Leuser, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, sebelum menghilang.
Inji Warrior/HO

Setelah memeroleh foto, kami juga berhasil mendapatkan cuplikan video kondisi Minah sebelum hilang. Rekaman itu diabadikan oleh Suhendra, pemuda lokal yang juga berprofesi sebagai guide di Bukit Lawang, sekitar akhir 2019. Dalam video itu, Minah terlihat berayun di antara ranting pohon.

Bersama Hendra, kami berkesempatan mengunjungi titik yang dimaksud. Ternyata, lokasinya juga berada tak jauh dari Cadas. Sama seperti penuturan Zipur, Hendra juga menyebut bahwa Minah kala itu masih dalam kondisi sehat.

Sekali lagi, bukti-bukti ini mengungkapkan fakta bahwa Minah relatif sehat sebelum menghilang. Sehingga teori tentang kematiannya secara alami telah terbantahkan.

“Sampai saat ini saya belum pernah jumpa lagi. Kalau yang terakhir itu saya lihat dia baik-baik saja,” ujar Hendra.

Tim Investigasi Inji Warrior


 

JOIN US




JOIN US